Buat yg berkendaraan Mobil or Motor..
Ini adalah tips dalam mengisi bensin:
1. *ISI BENSIN _HANYA_ DI PAGI HARI,
saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya
di ruang penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin suhunya, maka bensin
akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat,
bensin akan memuai
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang
terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya._
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat
besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya
alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN
NOZZLE jadi FAST MODE
*biasanya ini karena di sana kita ngisi bensin sendiri
alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang
ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di
slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya
adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return
(artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST
mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah
menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya
bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di
meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi
uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap.
Mungkin lho.
3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH
(Half-Full)* Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin,
semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih
cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap
yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi
sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating
roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena
menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur
sendiri.
4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
jangan mengisi bensin*.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan
(storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di
dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor
kita.
Ini adalah tips dalam mengisi bensin:
1. *ISI BENSIN _HANYA_ DI PAGI HARI,
saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya
di ruang penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin suhunya, maka bensin
akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat,
bensin akan memuai
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang
terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya._
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat
besar bedanya. Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya
alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN
NOZZLE jadi FAST MODE
*biasanya ini karena di sana kita ngisi bensin sendiri
alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang
ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di
slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya
adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return
(artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST
mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah
menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya
bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di
meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi
uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap.
Mungkin lho.
3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH
(Half-Full)* Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin,
semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih
cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap
yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi
sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating
roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena
menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur
sendiri.
4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
jangan mengisi bensin*.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan
(storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di
dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor
kita.
0 komentar:
Post a Comment